Monday, May 22, 2017

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan Mudah & Aman

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan - Hallo sobat Gooretro bagi kamu pecinta kuliner khususnya ikan tentu kejadian tersangkutnya duri ikan di tenggorokan menghambat kita untuk menikmatinya atau yang lebih parah lagi kita justru merasa sangat tidak nyaman dibuatnya. Ikan memang mempunyai banyak penggemar setia dari berbagai kalangan, selain karena mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan dan juga tumbuh kembang.
Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Duri ikan yang tertelan pada umumunya tersangkut di anak lidah, atau disebut dengan epiglottis. Untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan, cara paling tepat adalah pergi ke dokter. Namun sayangnya, masalah sepele ini kadang membuat orang yang mengalaminya merasa panik. Sehingga tidak sempat untuk pergi ke dokter.

Bahaya tersangkutnya duri ikan yakni saat area tenggorokan mengalami infeksi akibat tertusuk atau terluka karena duri nya. Kondisi yang lebih parah dari pada merasa tidak nyaman akibat tersangkutnya duri ikan ini dapat mengakibatkan abses rhitoparingeal, ini ditandai dengan gejala adanya nanah di area yang bermasalah.

Gejala Abses rhitoparingeal seperti berikut ini: 

  • Panas demam.
  • Rasa nyeri dan sakit pada area tenggorokan. 
  • Saliva keluar secara berlebihan dari mulut. 
  • Suara parau. 
  • Mengalami sesak nafas. 
  • Otot tulang iga kaku (Retraksi interkostal) disebabkan karena penderita sering menarik nafas panjang. 
  • Penyakit yang berhubungan dengan infeksi paru-paru, seperti Pneumonia. 
  • Pendarahan yang terus menerus akan menyebabkan mual, muntah, dan juga pingsan. 
  • Jika infeksi berlanjut, dapat mengakibatkan penurunan fungsi paru-paru. 

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan


Ketika duri ikan tersangkut di pangkal lidah, maka yang harus kita lakukan mengeluarkannya dari dalam tenggorokan. Tindakan mengelurarkan / mencabut duri ini bertujuan untuk mencegah risiko Abses rhitoparingeal ataupun kondisi berbahaya lainnya. Nah, berikut ini "Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan" dengan mudah dan tentunya aman :

  1. Hanyutkan duri ikan dengan cara minum air. Cara paling aman dan mudah untuk mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan minum air dalam jumlah yang banyak sekaligus. Jika duri belum juga tertelan keperut dengan cara ini Anda bisa mencoba cara kedua berikut ini. 
  2. Telan makanan yang bertekstur keras. Menelan bubur atau makanan lunak lain tidak akan membuat duri yang menyangkut di tenggorokan tertelan bersamaan dengan makanan tersebut. Jadi, penderita harusnya menelan makanan yang teksturnya agak keras dan lengket. Dengan cara ini diharapkan duri bisa terbawa masuk bersamaan dengan makanan yang kita telan, Anda bisa mencobanya dengan pisang atau segumpal nasi.
  3. Berkumur dengan menggunakan air garam. Apa hubungan nya antara duri yang tersangkut dengan air garam? Secara langsung memang tidak ada. Dengan berkumur menggunakan air garam, maka dahak akan mudah dikeluarkan. Gerakan mulut saat mengeluarkan dahak akan mennyentakkan benda yang terselip di rongga mulut, termasuk duri yang tersangkut.
  4. Tindakan Medis Ketika semua cara tradisional untuk mengatasi duri tersangkut di tenggorokan tidak berhasil, maka anda sebaiknya segera pergi ke dokter THT. Dokter akan mengeluarkan duri dari tenggorokan anda menggunakan alat khusus. Selain itu, dokter biasanya juga memberikan obat anti peradangan.

Cara Mencegah Duri Ikan Tertelan

Bukan hanya infeksi saja, yang mungkin bisa terjadi pada penderita. Duri ikan dengan ukuran besar dapat menyebabkan usus buntu. Jadi, Anda harus berhati-hati saat makan ikan yang memiliki duri atau tulang dengan ukuran cukub banyak atau besar. Berikut adalah cara mencegah duri ikan tersangkut di tenggorokan :

  • Buang semua duri ikan sebelum mengkonsumsinya

Sebelum Anda mengkonsumsi jenis masakan yang mengandung ikan, terlebih dulu pisahkan duri dari dagingnya. Apalagi ikan yang durinya banyak dan lembut seperti ikan bandeng. Gunakan pinset, jika ingin hasil yang maksimal. Jika Anda merasa enggan melakukannya di restoran yang pengunjungnya ramai, pastikan gigi Anda mengunyah tulang ikan sampai lembut sebelum menelannya.

  • Pilih ikan yang dirasa sedikit durinya

Hindari makan ikan yang memiliki banyak duri, jika Anda tidak punya banyak waktu luang untuk memisahkan tulang tersebut. Jika anda tetap memilih ikan sebagai lauk, sebaiknya pilih jenis ikan yang punya sedikit duri.

  • Masak dengan teknik Presto

Pada umumnya orang sangat malas untuk menyisihkan duri ikan secara teliti. Solusi untuk masalah ini bisa dengan melunakkan daging dan tulang ikan menggunakan teknik memasak presto. Bukan hanya di restoran saja, Anda pun bisa memasak dengan alat ini di rumah. Karena alat presto sekarang sudah menjamur di seluruh plosok pasar-pasar.

Nah, itulah sedikit ulasan kali ini mengenai Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan dan tidak ketinggalan pula cara mencegahnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan Mudah & Aman
4/ 5
Oleh