Friday, January 27, 2017

Membuat Bootable Windows USB Dari Linux

Gooretro - Membuat Bootable Windows USB Dari Linux. Ubuntu memiliki sebuah aplikasi bernama Startup Disk Creator, tapi ini hanya dapat digunakan untuk membuat Linux bootable USB drive. Untuk membuat Windows bootable UNIVERSAL SERIAL BUS ada sebuah aplikasi bernama WinUSB tetapi belum diperbarui untuk sementara waktu.

Panduan berikut telah diperbarui dan bekerja pada setiap distro Linux asalkan memiliki GRUB dan GParted yang terinstal dan dapat membuat USB bootable untuk Windows versi lebih baru dari Vista: Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. UEFI booting hanya didukung untuk Windows 7 x64 bit dan baru.

Membuat Bootable Windows USB Dari Linux

Sebelum memulai, mari kita menyebutkan bahwa ada dua jenis metode boot. Ada jenis kode MBR mana executable bootable disimpan dalam bagian reserved pada awal perangkat penyimpanan. Dan ada jenis EFI, di mana file boot loader executable disimpan di jalur standar di filesystem FAT32.

Kamu harus memutuskan terlebih dahulu apa yang akan di gunakan. Ada beberapa variabel untuk setiap jenis booting. Jika kamu tidak tahu apa yang akan kamu gunakan, setup yang paling umum yang bekerja dengan source Windows yang dimodifikasi adalah tabel partisi MSDOS dengan filesystem FAT32 dan bendera partisi dengan booting. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan keduanya dari MBR dan UEFI bootable drive.



Partition table    Filesystem     Partition flag
MBR bootable     msdos ntfs/fat32 boot
UEFI bootable  msdos/gpt fat32 boot  /msftdata *

* Msdos harus ditandai dengan boot dan gpt harus ditandai dengan msftdata

1. Format USB Drive

Ini adalah langkah pertama. GParted memiliki GUI yang bagus dan mudah digunakan untuk hal ini. Jadi, pasang di flashdrive USB kamu dan mulai GParted (akses root diperlukan). Pilih USB drive dan unmount, jika tidak termount flash drive tidak akan dapat di format.

PERINGATAN! Jangan sampai memilih perangkat yang salah krna akan mengakibatkan hilangnya data!
gpanel
Tampilan GParted. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih USB drive.
Klik kanan partisi USB drive dan pilih Unmount
Klik kanan partisi USB drive dan pilih Unmount


Kamu harus kembali membuat tabel partisi dengan pergi ke menu Device kemudian pilih Create Partition Table. Pilih msdos (atau GPT jika Anda ingin hanya bootable drive UEFI) dan klik Apply.

Membuat Bootable Windows USB Dari Linux

Klik kanan ruang yang tidak terisi dan pilih New. Buat partisi primer NTFS atau FAT32  dan beri label juga. label harus seaneh mungkin untuk mudah mengetahui drive mana yang kamu akan buat bootable, karena bootloader akan mengidentifikasi bootable partisi dengan ini dan kamu tidak akan menggunakan  window! Jika filesystem FAT32 hanya menggunakan huruf besar. Sebagai contoh: WUSB1840 akan menjadi label yang baik (W untuk Windows, USB untuk USB flash drive dan 18:40 adalah waktu saya menulis ini). Ingat label karena kamu akan sangat membutuhkannya nanti.

Membuat Bootable Windows USB Dari Linux

Menerapkan semua operasi yang tertunda dari menu Edit - menerapkan semua operasi atau klik tombol pada jendela utama.

Klik kanan partisi dan pilih Manage flags. Jika Anda memilih msdos tabel partisi centang booting. Jika kamu memilih tabel partisi gpt, Pastikan msftdata harus sudah diperiksa.

Membuat Bootable Windows USB Dari Linux

2. Copy Windows File


Close GParted dan menggunakan file manager untuk menyalin semua file dari Windows ISO ke USB stick. Mount ISO menggunakan Open With atau Disk Image Mounter (jika kamu menggunakan Nautilus sebagai file manager). Jika gagal kamu dapat menggunakan Furius ISO Mounter dan loop-me-mount ISO.

Pilih semua file Ctrl+A dan Salin ke drive USB yang akan otomatis terpasang ketika Anda klik di atasnya di /media/<username>/<drive_label>

Setelah proses copy selesai, lihat di folder root USB di direktori boot. Jika menemui huruf kapital, gganti nama ke huruf kecil.

3. Membuat Bootable


Jika kamu menggunakan filesystem NTFS dan MSDOS table, satu-satunya metode A tersedia. Jika kamu menggunakan FAT32 dan MSDOS table, kamu dapat menerapkan metode A, B atau keduanya. Jika kamu menggunakan tabel partisi GPT, hanya metode B harus diikuti. Membuat Bootable Windows USB Dari Linux.

A. MBR bootable

GRUB akan digunakan untuk hal ini. Buka Terminal  Ctrl+Alt+T  dan jalankan:

sudo grub-install --target=i386-pc --boot-directory="/media/<username>/<drive_label>/boot" /dev/sdX

Ganti :
  • /Media/<username>/<drive_label> dengan path dimana USB drive terpasang
  • /Dev/sdX dengan USB drive
PERINGATAN! Memilih perangkat yang salah ( /dev/sdX ) dapat mengakibatkan bootloader corrupt.
Tunggu sampai selesai. Jika semuanya OK, kamu akan melihat:


Installing for i386-pc platform.  
Installation finished. No error reported.

default=1  
timeout=15
color_normal=light-cyan/dark-gray
menu_color_normal=black/light-cyan
menu_color_highlight=white/black
 
menuentry "Start Windows Installation" {
    insmod ntfs
    insmod search_label
    search --no-floppy --set=root --label <USB_drive_label> --hint hd0,msdos1
    ntldr /bootmgr
    boot
}

menuentry "Boot from the first hard drive" {
    insmod ntfs
    insmod chain
    insmod part_msdos
    insmod part_gpt
    set root=(hd1)
    chainloader +1
    boot
}

Ganti <USB_drive_label> dengan label dari langkah 1 (kamu dapat menempatkannya di antara tanda kutip jika mengandung spasi, meskipun tidak dianjurkan untuk menggunakan ruang di label drive). Menyimpan file sebagai grub.cfg dan meletakkannya di drive USB di folder boot/grub.

Sampai steb ini bootable USB drive sudah siap digunakan dan bisa run lewat BIOS dan sudah dapat kamu gunakan untuk menginstal Windows pada PC kamu. Pertama kali kamu boot dari MBR BIOS atau mode CSM.

B. UEFI bootable

Tidak semua versi Windows yang didukung. Windows 7 pada 64 bit, Windows 8 dan versi yang lebih baru harus bekerja.

Setelah proses copy selesai, lihat di root folder USB untuk direktori efi/boot. Jika ada bootx64.efi atau bootia32.efi, maka kamu sudah selesai. dan kamu sudah dapat boot dari USB kamu dalam mode UEFI.

Jika OS Anda membuat USB bootable adalah Windows 7, menelusuri efi/folder microsoft dan menyalin seluruh folder boot dari ini jalan satu tingkat di folder efi. Merge folder jika booting sudah ada.

Berikut adalah apa yang harus dilakukan jika kamu tidak memiliki file bootx64.efi di folder efi / boot. Isi terpasang Windows ISO image ke dalam folder source. Terbuka install.wim (atau install.esd) dengan manajer arsip Anda (Anda akan perlu 7z diinstal). Pergi ke jalan ./1/Windows/Boot/EFI dan ekstrak bootmgfw.efi file yang mana saja yang Anda inginkan. Mengganti nama ke bootx64.efi dan meletakkannya di drive USB, dalam folder efi / boot. Jika Anda tidak dapat menemukan bootmgfw.efi di install.wim maka Anda mungkin memiliki 32 bit Windows ISO atau jenis lain dari gambar (disk pemulihan, meng-upgrade versi).

Error


1. modinfo.sh tidak ada

grub-install: error: /usr/lib/grub/i386-pc/modinfo.sh doesn't exist. Please specify --target or --directory.

Instal paket grub-pc-bin dengan :

sudo apt install grub-pc-bin

dan jalankan perintah :

grub-install

2. Embbeding error

Jika Anda mendapatkan pesan embedding error (filesystem 'x' does not support embedding atau Embedding is not possible), pastikan Anda menginstal GRUB ke perangkat USB, bukan partisi USB. Kemungkinan besar kamu mengetik /dev/sdb1 bukan /dev/sdb (sdb hanya sebuah contoh di sini). Jika masih tidak berhasil, cobalah mengosongkan USB drive (setidaknya beberapa sektor) atau menggunakan USB flash drive yang berbeda.

3. blocklists

Kadang-kadang, GRUB tidak akan terinstal pada beberapa flash drive. Kamu bisa mencoba untuk memaksa dengan menambahkan argumen --force dengan perintah grub-install.

4. pilihan partisi root Alternatif

Pemilihan partisi root mungkin gagal jika partisi USB flash drive memiliki label yang sama sebagai salah satu partisi pada komputer target. Cara terbaik untuk mengatur partisi root adalah dengan UUID.

Jalankan lagi GParted dan pilih USB flashdrive. Klik kanan partisi dan pilih Information. Catat versi UUID.

Membuat Bootable Windows USB Dari Linux

Di groub.cfg ganti baris ini :

search --no-floppy --set=root --label <USB_drive_label> --hint hd0,msdos1

dengan :

search --no-floppy --fs-uuid --set root <drive_UUID>

Ganti <drive_UUID> dengan UUID kamu yang bisa kamu dapatkan dari GParted.

Demikian artikel saya tentang "Membuat Bootable Windows USB Dari Linux". jika masih menemui kesulitan silahkan berkomentar dengan lengkap perintah grub-install beserta pesan errornya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Membuat Bootable Windows USB Dari Linux
4/ 5
Oleh