Monday, January 2, 2017

DE GNOME atau Unity Mana Yang Lebih Baik?

Gooretro - DE GNOME atau Unity Mana Yang Lebih Baik? Dalam dunia komputer sebuah lingkungan desktop / desktop environmen (DE) merupakan implementasi dari metafora desktop yang terbuat dari seikat program yang berjalan di atas sistem operasi komputer (OS), yang berbagi antarmuka pengguna grafis umum (GUI), kadang-kadang digambarkan sebagai shell grafis. Dibawah ini saya akan mengulas mana yang lebih baik antara DE GNOME atau DE Unity?.

gnome-unity-mana-yang-lebih-baik

Sejarah Singkat

GNOME merupakan salah satu lingkungan desktop tertua. Hingga Ubuntu 11. 04 ini adalah lingkungan desktop default untuk Ubuntu tapi kemudian para pengembang/developer Ubuntu menciptakan desktop grafis baru yg disebut Unity.

Unity ialah lingkungan desktop anyar dan modern jika dibanding GNOME yang mulai terlihat agak tua.

Tidak sedikit perubahan yang kemudian diterapkan oleh para developer GNOME dan perubahan antara GNOME 2 dan GNOME 3 lumayan signifikan.

GNOME 3 akhir-akhir ini setiap bit terlihat modern seperti Unity.

Sementara Ubuntu secara default desktop computer berbasis Unity ada versi yang lain dari Ubuntu yang disebut Ubuntu GNOME.

Artikel ini akan membandingkan mana yang lebih unggul dari segi navigasi, integrasi, instalasi, apps, hingga prestasi dari Ubuntu yg memanfaatkan desktop Unity dan Ubuntu GNOME.

Arsitektur yg mendasari adalah sama sehingga sebagian besar bit tentang Ubuntu yg tersedia di kedua versi GNOME dan Unity. Tentu saja hal ini pun berarti banyak bug yang juga hampir mirip dari keduanya.

Navigasi Manfaat utama dari Unity dari GNOME adalah launcher pada sisi kiri layar. Kita dapat mengakses aplikasi yang paling sering digunakan hanya melalui satu klik mouse. Untuk melakukan hal yang sama GNOME membutuhkan menekan "logo windows" tombol pada keyboard lalu baru memilih ikon.

Di dalam Unity jika kamu memuat aplikasi yang tidak di launcher kamu dapat menarik dasbor dan mulai mengetik di bar pencarian atau klik pada tab apps dalam dasbor dan membuka tautan aplikasi yang diinstal untuk menampilkan semua aplikasi pada sistem.

Melalui GNOME proses ini cukup mirip. Membuka window yang berjalan dengan menekan super key dan klik pada icon bawah untuk menampilkan keseluruhan aplikasi.

Ada beberapa perbedaan yang mendasar antara Unity dengan GNOME dan yg dianggap yang paling baik akan ditentukan oleh apa yang Kamu coba lakukan pada saat itu.

Jelas cara termudah untuk menemukan aplikasi untuk mulai menggunakan pencarian tetapi jika Kamu hanya ingin browsing maka GNOME membuat sedikit lebih mudah dari depan. Alasan untuk ini ialah bahwa segera setelah Kamu sampai ke aplikasi kamu mulai melihat icon semua aplikasi yang terinstal pada sistem Kamu dan Anda dapat ke bagian bawah atau klik pada titik-titik kecil untuk pindah ke halaman berikutnya dari aplikasi.

Dalam Unity layar dibagi menjadi beberapa bagian aplikasi yang baru saja digunakan, aplikasi yang diinstal serta aplikasi yang mungkin hendak di instal. Jika kamu hanya ingin menelusuri aplikasi yg terinstal pada sistem, kamu harus mengklik hyperlink tambahan untuk memperluas pandangan untuk menunjukkan aplikasi tersebut. Oleh karena itu sedikit lebih enteng untuk menelusuri aplikasi yang terinstal dengan GNOME daripada dengan Unity.

Tentu aja jika kamu memiliki ratusan aplikasi yang terinstal lalu kamu hanya ingin melihat game di GNOME kamu harus menggunakan kotak pencarian/search engine yang cukup akurat

Unity menyediakan filter saat browsing aplikasi kamu memungkinkan anda untuk menyaring berdasarkan kategori seperti game, office, audio, music dll Unity pun juga memungkinkan kamu untuk memfilter aplikasi lokal lalu aplikasi terpusat ke software. Hal ini sangat berguna sebagai hasil untuk aplikasi kamu mungkin ingin menginstal dikembalikan tanpa harus membuka pusat software

Integrasi Tanpa ragu integrasi desktop computer yang disediakan oleh Unity jauh lebih baik daripada integrasi desktop yang disediakan oleh GNOME.

lensa yang berbeda yang disediakan oleh Unity memungkinkan kamu untuk memainkan lagu, menonton video clip, melihat koleksi foto mu dan berinteraksi secara online tanpa membuka aplikasi lain.

GNOME Pemutar musik juga cocok bekerja dengan baik choriceo lingkungan desktop GNOME.

Di dalam Unity kamu dapat menyaring trek menurut genre/ waktu tetapi dalam GNOME kamu dapat membuat playlist dan berinteraksi lebih komplit dengan audio tracks kamu.

Pemutar video yang disediakan oleh GNOME adalah salah 1 yang sama digunakan untuk memutar video dalam Unity. Mereka berdua menderita cacat yang sama. Salah 1 pencarian dalam pemutar video adalah Youtube tetapi ketika kamu mencoba mencari video youtube akan muncul pesan yang menyatakan bahwa Youtube tidak kompatibel.

Aplikasi yang terinstal dalam Unity dan GNOME versi Ubuntu yang nyaris sama kecuali untuk klien email.

Versi Unity Ubuntu memiliki Thunderbird sementara versi GNOME datang dengan Development. Secara pribadi saya lebih suka mail client Evolution karena memiliki integrasi yang lebih baik untuk janji juga tugas dan surat penampil ini mirip dengan Microsoft Outlook.

Ini benar-benar menyakngkut ke pilihan pribadi dan seperti kamu gak dapat menginstal Evolution di dalam Ubuntu Unity atau Thunderbird dan juga Ubuntu GNOME.

Instalasi Aplikasi Kedua-duanya Unity dan GNOME versi Ubuntu menggunakan Software Centre yg saya kira tidak terlalu mengejutkan tapi sedikit mengecewakan karena GNOME biasanya datang dengan installer paket sendiri yang saya pikir mempunyai antarmuka yang lebih baik.

Prestasi Booting antara Unity dan GNOME versi Ubuntu yang lagi-lagi nyaris sama. Saya akan mengatakan bagaimanapun bahwa GNOME melakukan sedikit lebih baik dari Unity Ubuntu ketika menavigasi serta untuk penggunaan umum.

Ringkasan Unity adalah fokus utama bagi para Developer Ubuntu sedangkan Ubuntu GNOME lebih dari proyek sebuah komunitas.

Sudah pasti layak mengizinkan versi GNOME seperti desktop melakukan sedikit lebih baik dan kurang berantakan.

Mengapa saya katakan sedikit berantakan? launcher memakan sedikit ruang dan meskipun kamu dapat mengurangi ukuran atau bahkan menyembunyikan launcher itu tidak akan sama dengan kampas kosong di lingkungan pertama.

Unity seperti yang disebutkan sebelumnya tidak memberikan integrasi yang lebih bagus untuk foto, musik, video dan juga aktivitas online. tapi hadirnya Filter dalam lensa individu sangat berguna.

Jika kamu telah menginstal Ubuntu Unity saya tidak menyarankan menghapus dan menginstal Ubuntu GNOME. Kalau kamu ingin mencoba GNOME silahkan browsing dan cari yang versi desktop.

Itulah sedikit ulasan mengenai DE GNOME atau Unity Mana Yang Lebih Baik? yang dapat memberikan anda berbagai refrensi sebelum menginstal salah satu dari mereka. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

DE GNOME atau Unity Mana Yang Lebih Baik?
4/ 5
Oleh