Wednesday, January 4, 2017

Cara Install Software Offline di Ubuntu Tanpa Terminal

Gooretro - Cara Install Software Offline di Ubuntu, Bagi sebagian Linuxers awam mungkin menginstal aplikasi secara offline terlihat mengerikan yang terlihat sialan, tapi itu hanya anggapan agan karena sebenarnya menginstal aplikasi di linux secara offline terlihat sederhana dan mudah. Apa yang akan kita lakukan sekarang adalah untuk mendownload software Bersama Dengan semua dependensinya dari Internet, dan menyalin file yang didownload dan install secara offline di sistem Ubuntu. Metode ini jauh lebih mudah daripada yang diberikan di blog lain. Yang kita butuhkan hanyalah manager paket Synaptic. Synaptic paket manajer adalah grafis front-end untuk manager paket APT. Menggunakan Synaptic kita dapat dengan mudah menginstal, memperbarui, dan menghapus paket aplikasi di sistem berbasis DEB.

Jadi, Kenapa kita perlu melakukan ini? Untuk menghemat paket bandwidth internet, tentu saja kamu harus mempelajari teknik ini! Mari kita mengatakan bahwa kita memiliki 100+ sistem Ubuntu, dan kita perlu menginstal MySQL server dalam semua sistem tersebut. Kita semua tahu ini akan mengkonsumsi banyak bandwidth internet. Jadi, kenapa kita tidak men download software dengan semua dependensinya hanya dalam satu sistem, dan meng copy lalu menginstalnya di seluruh sistem? Tidak peduli apakah sistem lain memiliki koneksi internet atau tidak. Kedengarannya, logis? Memang. Metode ini akan menghemat banyak bandwidth, sehingga kita dapat menggunakannya untuk streaming online atau browsing hal lain yang lebih penting.

Dalam tutorial singkat ini, kita akan melihat bagaimana Cara Install Software Offline di Ubuntu. Teknik ini sudah sayua uji di Ubuntu 16.04 LTS V.desktop. Tapi saya bisa menjamin tutorial ini akan bekerja di semua sistem berbasis DEB selama sistem tersebut sudah terinstal Synaptic. bagi sistem kamu yang belum terinstal Synaptic kamu bisa menginstal Synaptic dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install synaptic

Kamu mungkin memiliki beberapa pertanyaan seperti :

_Saya telah men download software untuk Ubuntu versi 14.04, dan saya ingin menginstal nya di Ubuntu 16.04. Apakah kompetible?

Jawabannya : Tidak, kamu tidak bisa! kamu harus men-download dan menginstal software untuk versi Ubuntu yang sama. Misalnya, jika kamu men download paket MySQL dari Ubuntu 14,04 dan mencoba untuk menginstalnya pada Ubuntu 16.04 LTS, Ini tidak akan bekerja.

Sistem saya tidak memiliki Internet, dan manajer Synaptic. Apakah saya masih bisa menginstal software menggunakan metode ini?

Jawabannya : Tidak! Metode ini dimaksudkan untuk menyimpan/menghemat Bandwidth internet kamu. Sistem kamu memiliki Synaptic yang sudah terinstal. Jika tidak metode ini tidak akan membantu. Atau degan cara lain, kamu dapat men download file .deb, dan mencoba untuk menginstalnya. Tapi kadang-kadang, berkas .deb juga akan membutuhkan dependensi. Dalam kasus tersebut, tidak ada cara untuk menginstal software offline.Karena koneksi Internet adalah wajib.

Solved? Nah, mari kita masuk ke topik utatama tentang Cara Install Software Offline di Ubuntu.

Untuk tujuan tutorial ini, saya akan menggunakan dua versi desktop Ubuntu.

  1. Lubuntu 14.04 LTS Desktop (Internet diaktifkan)
  2. Ubuntu 16.04 LTS (manajer paket Synaptic sudah terinstal dan tidak tersambung ke internet)

Demi kesederhanaan, mari kita sebut Lubuntu (Internet enable) sistem sebagai sistem online, dan Ubuntu 16.04 LTS sebagai sistem offline.

Pertama pergi ke sistem Offline, dan buka Synaptic  paket manajer. Cari paket yang ingin kamu instal. Sebagai contoh, mari kita menginstal server MySQL. Masukkan mysql di kotak pencarian. Kamu akan melihat daftar suggestion/saran. Pilih paket server MySQL dari daftar, lalu pilih Mark for installation.

Cara Install Software Offline di Ubuntu

Setelah kamu memilih  mysql server, manajer paket synaptic otomatis akan memilih dependensi tambahan yang diperlukan. Klik Mark.

Cara Install Software Offline di Ubuntu

Seperti yang kamu lihat dalam gambar di atas, Synaptic akan secara otomatis memilih dependensi yang diperlukan untuk mysql server.

Selanjutnya, buka File => Generate package download script dari manajer paket Synaptic.

Simpan script ini pada setiap folder pilihan kamu dengan ekstensi sh. (Harap dicatat bahwa kamu harus menyimpan file ini dengan ekstensi sh).

Sebagai contoh, saya menyimpan file ini (Mysql.sh) dalam folder bernama mysql_install.

Cara Install Software Offline di Ubuntu

Script ini berisi URL download semua software yang kamu tandai untuk instalasi.

Sekarang, salin seluruh folder ini ke USB drive atau media lainnya, dan pergi ke Lubuntu 14.04 LTS Desktop yang Online.

Cd ke folder mysql_install, dan buat script sebagai executable, run script dengan Terminal :

cd mysql_install

sudo chmod +x  mysql.sh

./mysql.sh

Cara Install Software Offline di Ubuntu

Perintah di atas akan men download mysql server dengan semua dependensi, dan menyimpannya di dalam folder mysql_install.

Setelah kamu mendownload semua software, salin seluruh folder ini ke drive USB atau media lainnya pilihan kamu. Juga, amankan folder ini jika kamu ingin menginstal MySQL server pada lain.

Sekali lagi, kembali ke sistem yang offline ( Ubuntu 16.04 LTS), dan buka Synaptic manager.

Buka File => Add download packages.

Cara Install Software Offline di Ubuntu

Pilih lokasi folder yang berisi file yang didownload, dan klik Open.

Itu dia. Synaptic akan meminta kamu untuk menginstal paket download. Klik Apply untuk menginstalnya.

Cara Install Software Offline di Ubuntu

Software akan mulai menginstal di otomatis secara offline dan kamu juga dapat menginstal software disemua pc Ubuntu desktop.

Juga, kamu dapat menyalin file yang didownload, dan paste di /var/cache/apt/archives/folder. Kemudian cari paket yang ingin kamu instal dari Synaptic dan menginstalnya.

Jangan lupa untuk menyimpan file yang didownload di lokasi yang aman untuk digunakan atau bisa kamu bagikan ke teman kamu yang membutuhkan tanpa perlu repot menghabiskan banyak paket data.

Demikian tutorial tentang "Cara Install Software Offline di Ubuntu". Jika ada kritik, saran atau pertanunyaan silahkan tulis dikomentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Cara Install Software Offline di Ubuntu Tanpa Terminal
4/ 5
Oleh