Tuesday, December 13, 2016

Tidak ada Internet? Tidak Masalah Kini Sudah bisa Chatting dengan Wifi

Gooretro - Chatting dengan wifi kini sudah bisa terwujud dengan FireChat. Aplikasi ini bukanlah konsep yang sama sekali baru. teknologi peer-to-peer telah digunakan selama bertahun-tahun. Napster pertama menggunakan teknologi peer-to-peer untuk memungkinkan pengguna untuk berbagi file musik. Baru-baru ini, Proyek Serval dikembangkan untuk menjaga orang terhubung selama bencana ketika jaringan data turun dengan menggunakan jaringan mesh, yang mungkin hanya menjadi masa depan komunikasi.

FireChat
FireChat

Jadi, Mengapa FireChat Penting?

Aplikasi FireChat, yang dibuat oleh perusahaan startup Open Garden di San Francisco, pertama mendapatkan popularitas ketika lebih dari 500.000 orang download aplikasi selama demonstrasi Hong Kong tahun lalu. Para demonstran mengunduh aplikasi dalam ketakutan pemerintah mematikan sel atau akses Wi-Fi, seperti yang terjadi selama kerusuhan politik baru-baru ini di Irak.

Ketika Facebook memblokir halaman mempromosikan protes di Rusia, FireChat di download lagi.

Bahkan lebih, ribuan orang didownload FireChat selama acara SXSW di Austin, Texas. Idenya adalah untuk mempromosikan detail acara, penampakan DJ dan diskusi langsung apa yang harus dilakukan, ke mana harus pergi, dll

FireChat bahkan diciptakan untuk membuat atau bergabung dengan diskusi live berdasarkan topik "-tag chatting". Pengguna selama SXSW menggunakan fitur ini untuk berdiskusi dengan ribuan pengguna untuk menemukan acara yang paling populer dan lokasi, misalnya. Micha Benoliel, co-founder dan CEO dari Open Garden telah cukup terpesona dengan penggunaan Firechat ini.

     "Dari Burning Man ke jalan-jalan Hong Kong ... Aku selalu terkejut dengan bagaimana orang menggunakan FireChat." - Micha Benoliel

Bagaimana FireChat bekerja?

Secara tradisional, pengguna mengirim pesan satu sama lain melalui data atau jaringan Wi-Fi. Pesan yang dikirim melalui jaringan seluler ke hotspot atau tower ponsel. Data yang dikirim melalui menara data atau hotspot Wi-Fi yang kemudian diteruskan melalui jaringan terpusat dan akhirnya pesan atau data yang diterima. Selama periode transfer data ini, VPN Anda dilacak. Meskipun Anda dapat menggunakan layanan VPN untuk melindungi data seluler, informasi tentang jaringan Anda dapat dilacak.

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara kerjanya, membaca artikel ini sangat baik tentang cara untuk menambah keamanan untuk koneksi Anda dengan VPN.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi chatting lain, aplikasi FireChat tidak hanya mengandalkan Wi-Fi atau data - bahkan tidak perlu hotspot atau jaringan seluler terpusat untuk relay data. Sebaliknya, aplikasi bergantung pada koneksi peer-to-peer melalui jaringan mesh nirkabel melalui Bluetooth atau Wi-Fi, teknologi yang dibangun di telepon. Selama pengguna FireChat berada dalam 100 kaki satu sama lain, mereka dapat terhubung dan berbagi pesan.

     "Ini adalah aplikasi pertama yang datang dengan jaringan sendiri." - Micha Benoliel

Selain itu, kemampuan untuk menerima dan data permintaan tanpa jaringan seluler terpusat memungkinkan pengguna dari aplikasi FireChat untuk tinggal "off grid" dan tetap anonim. Bahkan hotspot telah terbukti menjadi kesempatan perdana bagi hacker untuk memperoleh informasi pengguna, yang mengapa Anda harus selalu mengikuti tips ini ketika menggunakan hotspot Wi-Fi.

Apa itu "Off the Grid?"

Kata "off grid" berarti persis seperti kedengarannya - pengguna dapat bertukar dalam komunikasi tanpa jaringan seluler terpusat yang mungkin atau mungkin tidak mengumpulkan data tentang pengguna. Sosial berbicara, tinggal "off grid" dapat memungkinkan pengguna chatting pada jaringan peer-to-peer untuk tetap anonim. Jika Anda tidak yakin tentang cara membuat hotspot aman (atau tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya), FireChat mungkin menjadi pilihan terbaik Anda.

Pengguna FireChat menyadari hal ini dan mengambil keuntungan dari blueprint Anonymous. Alih-alih menggunakan Facebook, WhatsApp atau aplikasi messaging lainnya, pengguna FireChat digunakan aplikasi untuk tetap terhubung dan pesan satu sama lain. Meskipun pengembang mengatakan mereka tidak ingin menempatkan orang pada risiko.

"Orang-orang perlu memahami bahwa ini bukan alat untuk berkomunikasi apa pun yang akan menempatkan mereka dalam situasi berbahaya jika itu untuk ditemukan oleh seseorang yang sudah bermusuhan; Itu tidak dimaksudkan untuk komunikasi yang aman atau swasta "-. Firechat

Penggunaan sehari-hari

Aplikasi ini bekerja dengan posting pesan publik untuk semua orang untuk membaca. Pesan yang diposting "hidup" hanya tiga jam dan kemudian tidak dicari atau diarsipkan. Juga, tidak ada pilihan obrolan pribadi, yang pasti turn-off bagi mereka yang ingin lebih privasi. Bahkan lebih, teknologi memiliki lebih banyak yang harus diinginkan - pengguna mengeluh tentang tidak dapat terhubung dengan orang-orang yang berada di dekatnya.

Namun, aplikasi ini hanya mengambil pasar di Android dan iPhone, karena banyak orang yang tertarik untuk mengobrol "off grid."

Baca Juga

Tidak ada Internet? Tidak Masalah Kini Sudah bisa Chatting dengan Wifi
4/ 5
Oleh