Sunday, June 11, 2017

Cara Mengatasi Kembung pada Ikan Lele - Pada saat saya melakukan pemijahan dan juga budidaya ikan lele saya banyak menemui berbagai kendala yang berupa macam-macam penyakit pada ikan lele, salah satunya adalah perut ikan lele buncit atau kembung dan lele yang masih berukuran kecil yang sangat rentan dengan terjangkitnya penyakit kembung ini, bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini yang menghambat proses budidaya ikan lele kamu harap tenang, karena disini saya sudah mempunyai solusi tentang salah satu jenis penyakit pada ikan lele ini.

Penyakit Kembung pada Lele

Penyakit kembung/perut buncit pada ikan lele dapat terjadi bukan karena ikan lele tersebut over makanan atau kekenyangan tetapi penyakit ini dapat timbul dikarnakan aktivitas bakteri berlebih yang berada dalam perut ikan lele yang terjangkit. Banyak berbagai macam obat-obatan lele yang pernah saya gunakan untuk mengatasi masalah ini namun hasilnya nihil, lele tetap mati saat mengidap penyakit perut buncit ini dan saya juga pernah mencoba menggunakan obat bibit lele menggantung dan hasilnya pun masih masih sama yakni lele tetap mati untuk itu kita harus paham dan lebih cermat lagi untuk menangani penyakit kembung pada lele agar tidak salah dalam hal pengaplikasianya.

Lele yang menderita penyakit perut kembumg biasanya akan mengambang dipermukaan kolam, lele yang seperti ini berbeda dengan lele yang berdiri atau hormat. Lele yang ini sangat malas bergerak dan bila bergerak pun gerakanya akan sangat lambat dan juga tidak mau makan.
Kondisi seperti ini bila kita tidak sangat waspada atau bahkan kamu biarkan maka bibit lele akan mati walaupun dengan jangka waktu yang relatif lama. Penyebab dari penyakit seperti ini dikarnakan bibit ikan lele mengalami daya tahan yang menurun dan bersamaan bersama datangnya penyakit dan setelah daya tahan si ikan lele menurun menyebabkan bakteri yang berada dalam tubuh ikan lele tersebut yang semula positif menjadi bakteri negatif yang sangat membahayakan dan dapat mengakibatkan perut kembung pada si ikan lele tadi.

Penyebab Turunya Daya Tahan Lele


  • Kondisi air yang kotor dan berbau
  • Pemberian pakan pelet yang berlebihan 
  • Lele mengalami stress 
  • PH air kolam tidak seimbang

Untuk "Cara Mengatasi Kembung pada Ikan Lele" sebenarnya tidak begitu susah, intinya adalah dengan cara mengembalikan ketahanan daya tubuh lele tersebut.

Cara Mengatasi Kembung pada Ikan Lele


  • Pisahkan lele yang kembung dengan yang sehat pada kolam yang terpisah
  • Alirkan air secara terus menerus hingga mencapai volume 80%
  • Tambahkan 1 sendok teh garam dapur per 1 galon air kolam
  • Berikan pakan lele secukupnya jangan berlebihan
  • Berikan antibiotik pada kolam

Perlakuan di atas dapat kalu terapkan pada lele yang masih kecil maupun lele yang beranjak besar. Sebenarnya langkah yang paling efektif yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan mencegah sebelum penyakit perut kembung ini hinggap disalah satu lele budidaya kita. Seperti kata pepatah yang berkata bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Tips Pencegahan Lele Kembung


  • Usahakan air kolam dalam kondisi baik, bersih dan tidak berbau.
  • Ganti air kolam secara berkala
  • Beri pupuk organik 
  • Berikan pakan yang berkualitas dan mempunyai nilai gizi yang kompleks
  • Jangan terlalu berlebihan memberi lele pakan

Itulah sedikit ulasan kali ini mengenai Cara Mengatasi Kembung pada Ikan Lele yang dapat saya share. Terima kasih, salam sukses dan janganlah pernah menyerah sob.
Situs Pengetahuan Paling Ringan & Tanpa Iklan