Friday, May 5, 2017

Penawar Racun Ulat Bulu
Penawar Racun Ulat Bulu - Hallo sobat Gooretro saat kita sedang di luar ruangan apalagi di tempat yg rimbun dengan pepohonan, tidak kita sadari ada berberapa makhluk hidup yang bertempat tinggal di pohon-pohon tersebut. Entah itu jenis jamur, serangga atau mungkin hewann kecil seperti ulat bulu. Ulat bulu memang kecil dan bentuknya yang menyerupai batangkayu yang membuatnya sangat samar jika kita sekilas melihat tanpa mencermatinya, ini yang membuat kita sering mengalami gatal-gatal akibat racun ulat bulu di tempat yang tidak terduga, buat kamu yang mengalami gejala gatal akibat ulat bulu tak usah cemas karena saya disini akan berbagi tentang penawar racun ulat bulu yang paling manjur yang bisa kamu gunakan saat terserang hewat menjijikkan ini.

Mungkin ada sebagian orang di antara kita yang sangat takut dan merasa geli dengan ulat bulu, dengan berbagai macam ketakutan yang di hadirkan ulat bulu tak terlepas dari alasan karena bentuk dari ulat bulu yang mengelikan dan juga karena ulat bulu memiliki racun di seluruh bulunya yang menyebabkan kulit normal akan terasa gatal, bengkak dan bewarna kemerahan. Dampak ulat bulu bisa semakin parah jika terkena kulit yang sensitif.

Bulu atau duri yang menyelimuti tubuh ulat bulu memang mangandung racun yang khusu digunakan untuk menjadi benteng pertahanan dari para predator. Lalu apa yang harus dilakukan kalau Anda kena ulat bulu? Berikut adalah cara untuk meredakan gejalanya? Berikut adalah informasi lebih lengkap:

Pertolongan Pertama Terkena Ulat Bulu


Jika tiba-tiba ulat bulu melekat di kulit Anda, jangan terburu-buru mengambil dengan tangan kosong atau menyingkirkan ulat tersebut dengan benda secara tiba-tiba, karena hal itu justru dapat membuat racun yang terkandung dalam ulat bulu malah menyebar lebih banyak ke bagian tubuh Anda.

Lebih baik Anda menyingkirkan dengan sebatang kayu dengan hati-hati tanpa mengagetkan ulat teresbut. Setelah ulat terlepas dari kulit Anda, jangan menyetuh bagian kulit yang tadi terkena ulat bulu, apalagi menggaruknya. Carilah selotip, lakban, atau plester yang bersih. Kemudian tempelkan pada  selotip tersebut ke bagian kulit yang dihinggapi ulat bulu tadi dan cabut sekuatnya agar bulu yang tersisa pada kulit yang terkena bisa terangkat dengan tuntas. Ulangi hal tersebut berberapa kali hingga bagian kulit tersebut benar-benar bersih.

Untuk hasil yang maksimal dan benar-benar bersih dari sisa bulu yang menempel, Anda bisa mencuci bagian kulit yang terkena dengan menggunakan sabun. Tidak perlu menggosok terlalu keras saat membersihkannya dengan sabun agar bulu tidak melebar pada bagian tubuh lain. Kemudian dengan menepuk pelan area yang terkontaminasi racunan ulat bulu dan keringkan bagian yang terkena dengan kain lap kering yang bersih.

Gejala Keracunan Ulat Bulu


Dalam jeda waktu tak lama setelah bagian tubuh Anda terkena ulat bulu, tubuh akan mulai menunjukkan berbagai macam gejala kercunan. Berikut adalah tanda-tanda yang normal dan biasanya muncul setelah kulit terkena ulat bulu:

  • Muncul ruam bengkak atau bentol pada bagian kulit yang terkena ulat bulu
  • Bagian kulit yang terkena terasa gatal, perih, kemerahan, dan membengkak
  • Jika bulu masuk ke mata, mata akan mengalami iritasi
  • Jika bulu masuk ke pernapasan, ini akan menyebabkan sesak napas dan batuk
  • Jika tertelan (biasanya dialami oleh balita), maka akan menyebabkan muntah-muntah, iritasi pada bagian mulut dan bibir, atau mengiler.


Penawar Racun Ulat Bulu


Keracunan karena terkena ulat bulu bisa di atasi, bahkan jika di biarkan sekalipun tanpa diobati sudah bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi di artikel "Penawar Racun Ulat Bulu" kita menginginkan tindakan yang lebih cepat dan tepat untuk mengatasi mengatasi racun ini agar efek dari ulat bulu bisa hilang, tidak tambah parah dan sembuh. Tapi pada beberapa kasus penyembuhannya bergantung pada spesies ulat bulu dan kondisi kekebalan tubuh kita juga berpengaruh dalam hal proses seberapa cepat waktu penyembuahan nya. Berikut adalah panduan cara mengatasi dan mengobati gatal karena keracunan ulat bulu :

  • Kompres bagian kulit yang gatal atau lebam dengan es batu yang dibungkus dengan kain lembut.
  • Tekan dan diamkan es tersebut selama 15-20 menit. Ulangis tersu setiap satu jam sampai nyerinya hilang.
  • Oleskan lotion calamine atau bedak antialergi pada area yang terasa gatal.
  • Jangan menggaruk kulit yang gatal. Karena bisa infeksi dan luka.
  • Minum obat alergi (Jika perlu) misalnya cetirizine dan diphenhydramine.
  • Minum obat pereda nyeri (Jika perlu) misalnya ibuprofen atau paracetamol.


Kapan Harus ke Dokter?


Sebaiknya Anda memeriksakan kedokter jika iritasi yang ditimbulkan sudah mulai parah ini bisa ditandai dengan kulit yang sudah mulai melempuh dan bernanah. Tapi, jika Anda mengalami hal tidak nyaman hanya pada gejala awal nya, silahkan langsung ke dokter untuk periksa. Bila Anda adalah orang tua yang memiliki anak sekitar umur 2 tahunan, jangan memberi obat apapun terlebih dahulu, bawa langsung ke dokter, untuk di tangani dan diobati.

Demikian artikel kali ini mengenai Penawar Racun Ulat Bulu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Situs Pengetahuan Paling Ringan & Tanpa Iklan