Wednesday, May 24, 2017

Kandungan Nutrisi Kedelai - Hallo sobat Gooretro, kacang kedelai adalah salah satu bahan pangan jenis kacang-kacangan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kacang kedelai mengandung energi sebesar 381 kilokalori, protein 40,4 gram, karbohidrat 24,9 gram, lemak 16,7 gram, kalsium 222 miligram, fosfor 682 miligram, dan zat besi 10 miligram.  Selain itu juga di dalam Kacang Kedelai terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,52 miligram dan vitamin C 121,7 miligram. Hasil tsb didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kacang Kedelai, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %, Atau bisa kita lihat tabel lengkapnya "Kandungan Nutrisi Kedelai" dibawah ini.
Kandungan Nutrisi Kedelai

Kandungan Nutrisi Kedelai

Kandungan Kedelai Jumlah
Energi 381 kkal
Protein 40,4 gr
Lemak 16,7 gr
Karbohidrat 24,9 gr
Kalsium 222 mg
Fospor 682 mg
Zat Besi 10 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,52 mg
Vitamin C 121,7 mg

Kandungan Nutrisi Kedelai Olahan

Kandungan Nutrisi Kedelai BasahJumlah
Energi286 kkal
Protein30,2 gr
Lemak15,6 gr
Karbohidrat30,1 gr
Kalsium196 mg
Fospor506 mg
Zat Besi7 mg
Vitamin A95 IU
Vitamin B10,93 mg
Vitamin C0 mg
Kandungan Nutrisi Kedelai KeringJumlah
Energi331 kkal
Protein34,9 gr
Lemak18,1 gr
Karbohidrat34,8 gr
Kalsium227 mg
Fospor585 mg
Zat Besi8 mg
Vitamin A110 IU
Vitamin B11,07 mg
Vitamin C0 mg
Sumber Informasi Gizi : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Manfaat Kacang Kedelai

Berkat melimpahnya kandungan gizi yang terdapat pada kacang kedelai, kacang kedelai juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsi kacang kedelai seperti yang dilansir Livestrong:

  • Mencegah Kanker

Masyarakat Jepang yang suka mengonsumsi kacang kedelai, penyekit kanker jarang terjadi di degara ini. Hal ini terjadi karena kacang kedelai mengandung fitoestrogen, zat yang mirip seperti hormon estrogen, dan juga isoflavon sebagai antioksidan. Jenis kanker yang dapat dicegah antara lain kanker payudara, kanker saluran telur, kanker indung telur, dan yang terakhir kanker prostat.

  • Mencegah Osteoporosis

Fitoestrogennya mampu mencegah osteoporosis. Belum lagi ekstra kalsium dalam tahu yang terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan kalsium klorida, proteinnya juga ikut mengurangi pengeluaran kalsium lewat urin.

  • Mengobati Anemia

Tempe yang mengalami fermentasi meningkatkan aktivitas vitamin B12 yang berperan dalam mempercepat proses pembentukan sel-sel darah merah.

  • Baik untuk Penderita Diabetes

Nilai serat, vitamin B kompleks, serta kandungan asam amino yang terkandung dalam tempe menjadi sumber protein sempurna bagi penderita diabetes. Serat dalam tempe yang terbuat dari kacang kedelai berperan peting untuk mengendalikan kadar gula darah.

  • Melancarkan Pencernaan

Kedelai yang kaya serta membantu kontraksi otot usus sehingga mencegah sembelit. Kandungan zat antibakterinya juga dapat mencegah diare.

  • Anti-Penuaan Dini

Sifatnya antioksidan yang terdapat pada kacang kedelai, bila dikonsumsi dalam jumlah cukup dan juga teratur dapat membantu mencegah penuaan dini  diusia muda.

  • Menurunkan Kolesterol

Zat-zat dalam tempe yang terbuat dari kacang kedelai mampu membantu menurunkan lemak darah, seperti protein, PUFA, serat, niasin, vitamin E, karetenoid, isoflavon, dan juga kalsium. Mengonsumsi tempe dalam jumlah tertentu secara rutin juga dapat menurunkan kolesterol total dan LDL.

  • Manfaat lainnya

Kandungan magnesiumnya berfungsi membantu mengatur tekanan darah, fosfornya sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi.

Nah itulah sedikit ulasan kali ini mengenai Kandungan Nutrisi Kedelai dan Manfaat Kacang Kedelai yang bisa kita ambil jika mengkonsumsinya secara teratur. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Situs Pengetahuan Paling Ringan & Tanpa Iklan