Blog ini terdapat iklan Pop up yg muncu 2x. Atas ketidak nyamanan nya saya mohon Maaf.

Cara Reset Bios Yang Lupa Password di PC / Laptop

Gooretro - Cara Reset Bios Yang Lupa Password. Didalam komputer kamu terdapat pengaturan tingkat rendah seperti waktu sistem dan settingan hardware di CMOS. Pengaturan ini dikonfigurasi dalam menu setup BIOS. Jika kamu mengalami masalah kompatibilitas perangkat keras, lupa password bios atau masalah lain, kamu bisa mencoba mencopot battery CMOS.

Mencopot baterai CMOS dapat mengatur ulang pengaturan BIOS di komputer kamu kembali ke keadaan default pabrik seperti saat baru diproduksi. Dalam kebanyakan kasus, kamu juga dapat mereset setinggan dari dalam menu BIOS dan tanpa mengcopot baterai CMOS . Juga dalam beberapa kasus, kamu mungkin harus membuka komponen komputer untuk mencopot baterai CMOS.

Cara Reset Bios Yang Lupa Password
Cara Reset Bios Yang Lupa Password

Gunakan Menu BIOS

Cara Reset Bios Yang Lupa Password termudah untuk menghapus settingan CMOS dari BIOS komputer ialah dengan melalui menu setup. Untuk mengakses menu setup, restart komputer/laptop kamu dan tekan tombol yang muncul di layar kamu - tekan secara berulang kali tombol Delete atau F2 (Tergantung Merk PC/Laptop) - untuk mengakses menu setup.

Jika kamu tidak melihat tampilkan pada layar kamu, berkonsultasi lah dengan panduan manual komputer mu. komputer/laptop yang berbeda menggunakan key/tombol yang berbeda. (Jika kamu merakit komputer sendiri, baca buku panduan manual motherboard sebagai gantinya.)


Dalam BIOS, cari opsi Reset to default, Load factory defaults, Clear BIOS settings, Load setup defaults, atau yang lain.

Navigasikan dengan tombol left, right, up, down, dan tekan Enter untuk mengkonfirmasi operasi. BIOS kamu sekarang akan menggunakan pengaturan default, jika kamu telah mengubah pengaturan BIOS di masa lalu, kamu harus mengubahnya kembali.

Gunakan CLEAR CMOS Motherboard Jumper

Banyak motherboard yang menggunakan jumper yang dapat digunakan untuk menghapus pengaturan CMOS jika BIOS di PC mu tidak dapat diakses. Hal ini sangat berguna jika BIOS kamu ter protection dengan sandi dan kamu tidak tahu password nya.

Lokasi yang dari jumper dapat ditemukan di komputer secara manual di motherboard. Kamu harus membaca buku panduan manual untuk petunjuk lebih rinci jika kamu ingin mengetahui letak jumper motherboard.

Tapi, proses dasar cukup mirip pada semua jenis dan type komputer. Shutdown komputer kamu dan copot semua perangkat yang terhubung ke listrik atau baterai jika di laptop untuk memastikan PC kamu sudah tidak menerima daya apapun. Buka Casing CPU komputer dan cari slot jumper bernama CLEAR CMOS, CLEAR, CLR CMOS, PASSWORD, atau CLR PWD slot ini dekat dengan jumper CMOS yang disebutkan di bawah. Pastikan kamu menginjak tanah sebagai pengganti gelang statis sehingga kamu tidak merusak komponen motherboard dengan listrik statis sebelum menyentuhnya. Set jumper ke posisi "clear", hidupkan komputer kamu tanpa jumper CMOS, dan matikannya lagi, ini berguna untuk mengatur jumper ke posisi semula.

Pasang kembali baterai CMOS

Jika motherboard kamu tidak memiliki jumper CLEAR CMOS, kamu dapat mereset CMOS dengan mencopot baterai CMOS. Baterai CMOS menyediakan daya yang digunakan untuk menyimpan pengaturan BIOS, ini adalah cara yang digunakan komputer kamu untuk mengingat waktu yang telah berlalu bahkan ketika komputer dalam posisi tidak terhubung ke daya listrik untuk sementara waktu, dengan melepas baterai akan menghapus sumber daya dan menghapus pengaturan yang ada.

Catatan penting: Tidak semua motherboard memiliki baterai CMOS yang dapat dilepas. Jika baterai tidak dapat di lepas, jangan dipaksakan.

Pertama, pastikan komputer keadaan off dan kamu menginjak tanah sehingga kamu tidak akan merusak motherboard dengan listrik statis. Temikan baterai berbentuk bulat, datar, berwarna silver perak pada motherboard dan hati-hati lepasnya. Tunggu lima menit sebelum memasang atau reseating baterai CMOS. setelah lima menit masang kembali baterai kemudian pasang casing dan nyalakan PC seperti biasa.

Itulah sedikit ulasan tentang "Cara Reset Bios Yang Lupa Password", jika ada kendala saat pengaplikasian bisa ditanyakan dikomentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Tag : Komputer
Back To Top