Friday, January 27, 2017

Gooretro - Cara Instal Kali Linux V.2016.2 di VMWare. Kali Linux merupakan sebuah Operating System yang berbasis Linux yang biasanya digunakan oleh sebagian orang untuk melakukan percobaan penetrasi dan untuk keamanan security jaringan, Tapi Kali Linux lebih dikenal oleh orang sebagai Operating System untuk melakukan pemb0bolan password Wi-Fi .Namun sebelum memulai melakukan percobaan penetrasi, Tentunya Operating System ini harus terinstal terlebih dahulu di dalam sistem komputer anda. Buat kamu yang hanya ingin mempelajari kali linux kamu bisa menginstalnya di VMWare tanpa harus khawatir data hardisk kamu terekripsi saat ada kesalahan saat istalasi. Dan kali saya akan membagikan tutorial untuk menginstall Kali Linux Di VMWare menggunakan versi kali Linux terbaru yakni V.2016.2. Menginstal Oprating Sistem Linux sekarang dapat dilakukan dengan mudah karena OS Linux sendiri sekarang kebanyakan sudah berbasis GUI jadi buat kamu yang masih awam tentang linux dapat dengan mudah menginstalnya dan menjalankannya tanpa perlu takut menemui masalah ditengah jalan. Tetapi menginstal kali linux sedikit berbeda dengan menginstal IOS Windows. Takperlu khawatir karena saya dibawah ini sudah mengulas tentang Cara Instal Kali Linux di VMWare secara lengkap beserta gambar steb by steb, ok mari kita simak tutorial dibawah ini :

Persiapan Menginstal Kali Linux di VMWare :

1. Kali linux 2016.2-i386.iso (dapat kamu didownload dari https://www.kali.org/downloads/)
2. Virtual machine yang mendukung Kali linux versi 2,2016 (saya menggunakan VMware-workstation-full-12.1.1-3770994)
3. Windows 7 atau versi lebih baru (Saya menggunakan Windows 10 Pro)

Tahap Installasi Kali Linux 2016.2 (Steb by steb) :

1. Buka VMWare dan pilih "Create a New Virtual Machine"

Cara Instal Kali Linux Versi Terbaru

2. Pilih opsi "Typical"), seperti yang direkomendasikan oleh VMWare dan kemudian klik "Next".

Pilih opsi "Typical"), seperti yang direkomendasikan oleh VMWare dan kemudian klik "Next".

3. Jika kamu memiliki DVD Kali Linux, kamu bisa memilih "Installer Disc" atau jika tidak punya kamu bisa memilih Kali Linux ISO yang tadi kamu sudah download melalui link diatas pilih "Installer file image disk (iso)".

Jika kamu memiliki DVD Kali Linux, kamu bisa memilih "Installer Disc" atau jika tidak punya kamu bisa memilih Kali Linux ISO yang tadi kamu sudah download melalui link diatas pilih "Installer file image disk (iso)".

4. Pilih Sistem Operasi Guest "Linux". 2 bagian, di bagian bawah, silahkan pilih Debian 8.x sebagai Versi untuk 32-bit versi iso atau pilih Debian 8.x 64-bit untuk file iso 64-bit, dan kemudian klik Next.

Pilih Sistem Operasi Guest "Linux". 2 bagian, di bagian bawah, silahkan pilih Debian 8.x sebagai Versi untuk 32-bit versi iso atau pilih Debian 8.x 64-bit untuk file iso 64-bit, dan kemudian klik Next.

5. Secara default nama virtual machine "Debian". kamu bisa mengubahnya menjadi "kali linux" atau nama sesuka mu dan silahkan pilih lokasi di mana kamu ingin menginstal Kali Linux.


6. Kali Linux 2.016,2 membutuhkan minimum 20 GB (hardisk space) untuk bisa terinstal, kamu juga bisa menambah ukuran partisi jika partisi HDD kamu memiliki cukup ruang yang koong.


7. Jendela pop-up yang akan muncul selanjutnya akan menunjukkan konfigurasi virtual machine.

muncul selanjutnya akan menunjukkan konfigurasi virtual machine.

8. Kamu dapat menyesuaikan pengaturan mesin virtual jika pengaturan mengkonfigurasi menurut kamu sudah benar sesuai yang kamu ingin kan kamu tinggal lanjutkan ke steb selanjutnya.

 Kamu dapat menyesuaikan pengaturan mesin virtual jika pengaturan mengkonfigurasi menurut kamu sudah benar sesuai yang kamu ingin kan kamu tinggal lanjutkan ke steb selanjutnya.

9. Layar berikutnya menunjukkan GUI. Silakan pilih Graphical Install option. Ini akan boot untuk mengkonfigurasi GUI. Berikut adalah screenshot di mana kamu dapat memilih bahasa, lokasi, wilayah, dan jenis keyboard yang kamu inginkan. Setelah semuanya baik-baik saja, virtual machine kamu akan mendeteksi CD / DVD atau mount file ISO. Akhirnya akan memuat komponen-komponennya, mendeteksi dan mengkonfigurasi jaringan (jika perangkat keras jaringan ditemukan pada sistem).

instal kali linux
instalasi kali linux ke 2
instalasi kali linux tahap pemilihan bahasa
instalasi kali linux tahap pemilihan lokasi dimana anda berada
tahap instalasi kali linux pemilihan jenis keyboard yang kamu gunakan
tahap mendeteksi partisi hardisk
tahap konfigurasi kali linux
tahap mendeteksi hardware yang ada di komputer kamu
tahap konfigurasi hardware saat instalasi kali linux
konfigurasi network saat instalasi kali linux

10. Jika hardware jaringan terdeteksi dengan baik pada sistem kamu, maka silakan ketik host-name, domain (opsional) dan kata sandi untuk akun kamu. Setelah diverifikasi, itu akan mendeteksi assigned virtual disk.

tahap konfigurasi network setelah terdeteksi
masukkan domain
masukkan password yang ingin kamu gunakan
isntalasi kali linux
mendeteksi hardrive
mengkonfigurasi partisi hard drive

11. Tab window berikutnya akan menampilkan tabel partisi. Silakan pilih Guided- menggunakan seluruh disk.

Tab window berikutnya akan menampilkan tabel partisi. Silakan pilih Guided- menggunakan seluruh disk.

12. Pilih disk partisi di mana kamu dapat membuat partisi.

pilih disk partisi di mana kamu dapat membuat partisi.

13. Pada jendela window berikutnya, pilih "All files in one partition" (direkomendasikan untuk pengguna baru) dan kemudian klik pada partisi Finish dan tulis perubahan ke disk. Atau, kamu dapat menyesuaikan partisi kamu, di mana Anda harus membuat "/", "/ home", "Swap", "var", "temp".

13
13.1

14. Cara isntala kali linux di vmware. Setelah partisi dikonfigurasi dengan benar. Silakan pilih "Yes" untuk melakukan perubahan pada disk. Layar berikutnya akan menampilkan instalasi Kali Linux 2016.2.

14.0
14.1
14.2

15. Setelah instalasi selesai, ia akan meminta kamu untuk menginstal pembaruan dari mirror jaringan. tapi saya skip saja opsi ini, karena internet saya lambat dan jadi saya pilih No dan mengklik Continue. kamu dapat melanjutkan jika Anda memiliki kecepatan internet tinggi.

15

16. Jendela berikutnya akan memeriksa dan menginstal Grub Boot Loader pada hard drive virtual. Ini akan meminta kamu jika dapat menginstal pada Master Boot Record. Jika kamu memiliki beberapa virtual OSyang terinstal di VMWare maka kamu dapat memilih sebagai Ya dan melanjutkan. Kamu dapat memilih jalur boot default atau secara manual bisa masuk boot path untuk instalasi Grub.

Cara Instal Kali Linux Versi Terbaru
16.1
16.2
16.3
16.4

17. Setelah Grub terinstal pada lokasi yang dipilih, Kali Linux masih ada steb lain untuk menyelesaikan instalasi.


18. Setelah instalasi Kali Linux selesai, ia akan meminta kamu untuk boot ke sistem baru. Silakan hapus media instalasi (DVD/ISO yang tadi kamu pilih untuk instalasi) agar kali linux dapat boot kesistem baru tidak kembali ke proses instalas.

 Setelah instalasi Kali Linux selesai, ia akan meminta kamu untuk boot ke sistem baru. Silakan hapus media instalasi (DVD/ISO yang tadi kamu pilih untuk instalasi) agar kali linux dapat boot kesistem baru tidak kembali ke proses instalas.

19. Kali Linux Grub Loader interface dari sistem baru

19. instalasi kali linux

20. Masukkan username dan password dari sistem baru dipasang.


21. Tampilan baru dan interface dari Kali Linux 2016.2.

Tampilan baru dan interface dari Kali Linux 2016.2.

Sampai Steb ini kamu sudah berhasi menginstal kali linux dengan sempurna sekarang kamu bisa menjalankan kali linux seperti biasa. Itulah tutorial tentang "cara isntala kali linux di vmware". Terima kasih dan Semoga bermanfaat.